Friday 20 November 2015

MIND MAPPING

Karena tidak pernah ikut kelas menulis, maka ketika saya menulis artikel atau cerita hanya tulis saja. Yang terlintas dalam pikiran itulah yang tertulis. Setelah ikut kelas KMO yang memmbahas tentang Tema, saya mendapatkan ilmu bermanfaat tentang menulis. Ternyata menulis ada langkah-langkah yang harus dilalui dan itu disebut Mind Mapping. Kata lainnya adalah Kerangka Karangan.

Saya mencoba mempraktekkan ilmu dari KMO. Dalam kelas diajarkan bahwa Mind Mapping  bersusun dari hal yang paling umum  kemudian masuk ke bagian yang khusus. Kalau digambarkan seperti piramida terbalik. Untuk mendapatkan ide menulis bisa dari kehidupan diri sendiri atau orang lain. Bisa juga dari buku yang pernah kita baca. Tehnik ATM bisa digunakan Amati Tiru dan Modifikasi.

Ide yang terlintas untuk tulisanku adalah IKHLAS DAN BAHAGIA. Saya mencoba membuat kerangka karangannya.

BAB I : Pengertian Ikhlas
Berisi tentang definisi, asal kata dan pengertian  kata Ikhlas.

BAB II : Kaitan Ikhlas dan Bahagia
berisi bagaimana orang bisa ikhlas dan tetap bahagia

BAB III : Bagaimana Cara Ikhlas
Membahas tentang langkah-langkah lahir bathin agar bisa ikhlas.

BAB IV : Para Pejuang Ikhlas yang Bahagia
Berisi tentang orang-orang yang bisa kita temua sehari hari dan sudah mempraktekkan keikhlasan.


Saya rasa tulisan saya cukup sampai disini. Semoga sesuai dengan arahan dan bagi teman-teman yang membacanya semoga bisa mendapatkan inspirasi. Kritik dan masukan tetap ditunggu yaaa.

No comments:

Post a Comment