Wednesday 13 January 2016

GUILIN : GUNUNG, AIR DAN GUA (1)

           
        Ketika mendengar kata Negara China atau Tiongkok, apa yang terlintas dalam pikiran anda. Yang paling umum adalah Beijing, tembok besar, dan istana terlarang. Ketika saya katakan akan pergi ke Guilin, hampir semua yang mendengar bertanya “dimana tuh?”. Tentu saja di China, tepatnya di provinsi Guangxi. Penasaran juga sih dengan daerah ini, karena namanya sangat tidak akrab diteliga. Kota ini sangat asri dan hijau. Kalau kita berkeliling kota, akan kita jumpai pohon-pohon  disetiap sudut kota. Ada lebih dari 10 taman dikota ini. Dari dalam kota kita bisa melihat bukit-bukit yang seolah mengelilingi kota                


Guilin Scenery
 Ini adalah beberapa tempat yang biasa dikunjungi di Guilin :

-          Elephant Trunk Hill
Salah satu icon kota Guilin adalah Bukit Belalai Gajah (Elephant Trunk Hill). Bukit yang terletak ditepi sungai disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai kepala gajah yang belalainya menjuntah ke dalam sungai, seolah sedang minum. Bukit ini bisa dilihat dari 2 sisi sungai. Kalau malas berjalan kaki, bisa dari sisi Zi Island Park. Dari pintu masuk bisa naik mobil golf dengan melewati taman yag ditata dengan rapi hingga ke tepi sungai. Dipinggir sungai biasanya ada yang menyewakan baju tradisional suku minoritas Chuang atau Miao. Lokasi ini dapat dikunjungi kapan saja pagi sampai sore hari.

Elephant Trunk Hill
 
-          Seven Star Park
Taman Tujuh Bintang (Seven Star Park), sebuah taman yang asri dan sejuk. Dinamakan taman tujuh bintang karena didalam taman ini terdapat 7 puncak bukit, yang bentuknya bermacam-macam. Yang paling terkenal adalah Bukit Unta (Camel Hill), kalau diperhatikan puncak bukitnya terlihat seperti unta. Berjalan beberapa langkah dari Bukit Unta, mata saya sedikit memicing ketika dari kejauhan saya melihat aksara arab. Ternyata didalam taman ini terdapat masjid yang usianya sudah ratusan tahun. Masjid ini sudah ada sejak tahun 1671. Pernah dibakar pada saat pendudukan Jepang,  lalu dibangun kembali oleh suku bangsa Hui. Selain taman yang luas, sejuk dan asri, didalam taman ini juga terdapat kebun binatang mini, yang memilki koleksi panda.

Camel Hill

Masjid Maping

 -          Fubo Hill
Nama bukit ini diambil dari  nama jendral yang dulunya bertugas menjaga daerah ini dari serangan musuh, jendral Fubo. Ditempat ini terdapat bukit yang bisa di daki hingga puncak dengan menggunakan tangga. Dari atas kita dapat menyaksikan kota Guilin secara keseluruhan. Dibawah bukit ada gua  yang tembus ke tepian sungai Li. Didalam gua terdapat ukiran patung Buddha dari dinasty Tang lebih dari 1000 tahun yang lalu.
Fubo Hill
 
Fubo Cave

-          Two River and Four Lake Scenic Area
Ditengah kota Guilin terdapat danau yang besar, yang bisa dikelilingi dengan perahu. Tempat ini akan lebih indah dinikmati  pada malam hari. Pada malam hari kita dapat menyaksikan dua buah pagoda yang diberi nama Pagoda Matahari dan Pagoda Bulan. Sambil menyaksikan pemandangan indah disepanjang sungai yang hiasi oleh lampu warna warni. Melewati 11 aneka jembatan yang meniru jembatan-jembatan terkenal didunia. Satu lagi atraksi yang bisa dinikmati dialiran sungai ini adalah nelayan yang mencari ikan dengan cara yang “agak sadis”. Nelayan mencari ikan dengan menggunakan sejenis bebek berbulu hitam. Caranya, bebek tersebut dilepas lalu menyelam mencari ikan, setelah itu ditarik kembali keperahu dengan ikan di lehernya. Tapi ikan tersebut tidak bisa tertelan karena lehernya diikat. Kemudian sang nelayan akan mengeluarkan ikan tersebut. Lalu bebek tersebut akan kembali menyelam mencari ikan.
sun and moon pagoda

          
         Ceritanya segini dulu yaa... tunggu kelanjutannya

No comments:

Post a Comment